Kolintang, Alat Musik Tradisional Khas Sulawesi Utara

Kolintang, Alat Musik Khas Sulawesi Utara | Minahasa, Sulawesi Utara mempunyai alat musik yang khas terbuat dari kayu. Alat musik tersebut dinamakan Kolintang.

Menurut sejarah, nama kolintang berasal dari suaranya tong, yang berarti nada rendah. Lalu ting, yang artinya nada tinggi. Dan tang, yang berarti nada biasa. Dalam bahasa daerah, ajakan “mari kita lakukan tong ting tang” adalah “mangemo kumolintang”. Ajakan tersebut, akhirnya berubah menjadi kata kolintang.

Kolintang biasa dimainkan untuk mengisi berbagai acara, seperti pesta pernikahan, penyambutan, peresmian, pengucapan syukur, keagamaan, dan pada acara pertandingan.

Hingga kini banyak pewaris – pewaris budaya yang terus melestarikan kolintang. Bahkan, hinga sekolah – sekolah, semua siswanya mempelajari bagaimana cara memainkan alat musik kolintang.

Namun, tahukah kamu???

Baca juga: Latar Belakang KH. Abdurrahman Wahid

Untuk membuat satu set kolintang, biasa para pengrajin membutuhkan waktu sekitar tiga minggu hingga satu bulan. Untuk membuat kolintang, kita harus mengenal jenis kayu dan menentukan kayu tertentu untuk not atau tangga lagu tertentu.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Iklan

Selain menyajikan informasi mengenai Kota Tangerang Selatan, DTangsel akan mengupas menyajikan Berita dan Informasi Yang Aktual, Independen dan Terpercaya.